Saturday, November 8, 2014

It's All About Bandung : My Experiences, My Favorite, My Knowledge, My Passion in BANDUNG...

Hallo.. Hallo.. Hallo...
Dapet ide buat nulis sesuatu, yang ternyata bisa di share juga, siapa tau aja, ada yang mau cari tau, hehe.. Tadinya ini hanya semacam jurnal diary, atau traveller diary, tentang segala sesuatu yang aku lakukan dan dapatkan selama aku tinggal di Bandung, seperti tempat makan favorit, tempat nongkrong favorit, belanja enak, dan hal-hal lainnya. Namun diari ini bersifat terbuka, bisa di share, itung-itung bebagi pengalaman dan pengetahuan.. Hmmm, indahnya berbagi..

Mungkin tulisan ini juga akan panjang kali lebar ya, dan karena keterbatasan, aku nulisnya juga akan bertahap ga sekaligus, mungkin akan di update hingga beberapa kali, karena luas sekali cakupannya yang akan aku tulis kali ini, seperti judul diatas, All About Bandung. Oke deh, ga pake basa-basi lama lagi deh kalo gitu, langsung aja ya.. Check it out..

(Ps. Untuk warga Bandung yang baca ini, kalo ada kesalahan mohon di koreksi ya.. piss out ^^..)

Bandung  seperti yang kita tau sama-sama, wilayah geografisnya di kelilingi oleh gunung-gunung dan perbukitan, tepatnya kota Bandung ini berada di Lembah, valley bo'.. valley.. (cie gaya amat.. lol). Ada Bandung utara - Lembang, Bandung selatan - Ciwidey, Bandung timur - Cicaheum, Bandung barat - Cimahi dan Bandung tengah - Asia Afrika. Nah  ngomong-ngomong soal Bandung tengah nih, titik 'Bandung Nol' sendiri berada di di Jalan Asia Afrika, di sebelah Hotel Grand Preanger, disitu juga dibuatkan tugu, tugu lokomotif. Dulu sempet ngambil foto nih disini, tapi dicari barusan, file-nya ga ketemu, kayanya da di lappy lama.
Seperti yang udah banyak orang tau juga, Bandung memiliki beberapa Landmark, yang paling terkenal adalah Gedung Sate, tapi sekarang sudah ada Landmark barunya yaitu jembatan layang Pasupati yang cetar membahana, mungkin ada yang belum tau, Pasupati itu adalah singkatan dari Pasteur - Surapati, karena jembatan ini memang menghubungkan kedua jalan itu. Menggunakan sistem jembatan cable stayed tepat diatas lembah Cikapundung, sepnajang 191 m, jembatan ini digantung dengan menggunakan 19 kabel baja, tanpa penyangga. Tepat di kabel baja ini juga diberi lampu sorot warna-warni untuk menekankan jembatan ini sebagai ikon kota Bandung. Jembatan ini juga adalah jembatan pertama di Indonesia anti gempa, panjang keseluruhannya adalah 2,8 km.
Gedung Merdeka yang juga adalah Museum Konfrensi Asia-Afrika juga sering disebut-sebut sebagai Landmark Kota Bandung.

MALL di BANDUNG
Di Bandung ini banyak banget Mall-nya, dan kalo menurut-ku mall-mall disini terbilang keren. Tapi ada beberapa mall yang sangat nge-hits dan terkenal sekali disini yaitu,
1. Cihampelas Walk, jalan cihampelas no.160 - Mall ini berkonsep outdoor, seperti pusat kota di Singapore, dengan nama-nama jalan, pohon-pohon pinus yang besar, dan bench-bench di pinggir jalan setapak. Pokoknya keren, seneng deh kalo ke ciwalk. Lebih cocok dijadikan sebagai tempat nongkrong, karena cafe-cafenya banyak, kalo buat belanja agak2 kurang pas disini.
2. Trans Studio Mall, jalan Gatot Subroto. Mall ini tergolong mall raksasa, dulu waktu baru pertama kali ke Bandung, sempat dengar isi kalo mall ini adalah mall terbaik di Asia Tenggara. Disini juga terdapat Wahana permainan Trans Studio. Mall ini adalah mall highclass, dimana outlet2-nya merupakan brand2 papan atas atau branded, seperti channel, hugo boss, calvin klein, furla, mango, dll. Mau belanja branded asli jauh dari kw, ya disini tempatnya.
3. Festival Citylink, jalan Peta. Namanya agak unik ya, ga seperti nama mall, tapi seperti nama suatu perayaan, lol... Mall ini sedang naik daun di Bandung tahun ini. Selain karena mall-nya luas banget, outlet-outletnya juga masih bersahabat. Dan disni yang unik itu foocourtnya. berada di balkon, sambil makan bisa liat pemandangan Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Burangrang, hehe.. Kalo parkir disni enak banget.. luaaaasss, manuver mudah, ga diarahin pun sambil tutup mata bisa, dijamin ga nyenggol,, hehe..
4. Paris van Java, jalan Sukajadi. Mall ini berkonsep seperti jalan-jalan di kota Paris. Mall ini juga tergolong unik, selain mengusung tema outdor seperti CiWalk, mall ini juga beda dari yang lain. Jika kebanyakan gedung mall dari lantai dasar akan naik keatas, mall ini justru reverse, alias dari lantai dasar gedung mall akan menuju ke bawah (basement). Outlet2nya seperti di TSM, berisi produk-produk branded. Dan maaf mall ini tidak saya rekomendasikan, karena saya punya julukan sendiri buat PVJ ini, yaitu 'mall kejam'. Eiitss ada alasannya loh, aku jabarin sekalian yaa : 1. Di toilet akan ada banyak bilik, namun hati-hati jangan sampai kena jebakan batman, karena di beberapa bilik, ada yang ga pakai air. Di pintu ada keterangannya, tapi banyak juga orang2 yang tidak memperhatikan tanda ini. So, hati2. 2.Disini air kerannya entah mengapa selalu kecil, seolah akan mati, di westafel seperti itu apalagi di tempat wudu' di mushala. 3. Parkirannya benar2 sempit, untuk manufer susah, jarak antara mobil di buat sangat pas2an, atapnya rendah (kalo yang klaustro seperti saya, pasti sangat kesulitan), sangat berbanding terbalik dengan harga parkir perjam-nya yang terbilang lebih mahla dibandingkan mall-mall lain. 4.Jalan menuju mall ini macet parah, terutama saat weekend, pastikan tubuh kalian fit, saat akan pergi dan berlalu dari sini, karena perjalanan akan sangat lama, jangan sampai perut kosong ya, karena bahaya, sampai tujuan kalian bisa pingsan atau muntah,, hehe.. agak lebay.
5.Bandung Indah Plaza, jalan Merdeka. Ini adalah mall pertama di kota ini. Juga salah satu yang di favoritkan warga Bandung, karena tempatnya yang strategis berada di tengah kota. Namun tahun ini pamornya mulai berkurang.
6. Braga citywalk, jalan braga. Mall ini bisa dibilang sepi, tapi disini juga ada twenty-one nya juga koq. Dan mall ini menyatu dengan apartement. Letaknya termasuk strategis, karena terletak persis di jalan braga.
Sebenarnya masih banyak mall-mall yang lain, tapi cukup ini aja yang aku tulis.

NASI PADANG ENAK DI BANDUNG
Nah, berhubung aku ini penggemar masakan padang, aku udah hunting keliling-keliling Bandung untuk cari masakan padang yang enak. Dari hasil hunting ini, aku udah dapat 3 masakan padang paling enak, tentunya menurut selera-ku ya, tapi bener ini recomended juga buat kalian.
1. Nasi padang 'Simpang Tigo', tempatnya sederetan dengan tempat penjualan furniture balubur, yang berada dipersimpangan tiga jalan balubur. Disini semuanya enak, ayamnya enak, apalagi ayam bakarnya, rendang dan dendeng-nya juga enak. Dan sambal merahnya itu paling enak, balance banget rasa asin, manis dan asamnya. Rame bangeet. Dulu waktu masih berada di simpang tiga, kalo jam makan siang mau makan disini pasti ngantri2 sampe kejalanan. Makan disni disuruh ambil sendiri, jadi bisa ngeracik sesuai selera. Pokoknya high-recomended banget buat penggemar nasi padang.
2. Nasi padang 'Singgalang', jalan dipati ukur, didepan Unpad, dekat dengan  monumen perjuangan rakyat Bandung. Kalo masih bingung, tempatnya itu di dekat persimpangan, tempat bus damri jurusan jatinangor dan dago-leuwipanjang. Nah, aklo taste maakan disini itu padaaaang banget, masakan padang itu ya beginilah. Ayam baladonya enak, rendangnya juga enak. Disini juga rame, kalo bungkus dapet porsi kuli, banyaaaaak bangeeet. Recomended.
3. Nasi padang 'Malah Dicubo', yang ini tempatnya berada di belakang stasiun bandung, sederetan dengan sate stasiun yang kesohor dan perkedel bondon kuliner malam. Masakan disini juga yummy, enak deh pokoknya.


Segini dulu deh, masih banyak lagi yang bakal aku tuangkan disini, tapi malam ini, cukup segini dulu, karena udah pegel ini jari-jari, dan mata juga udah mumet liat monitor terus. Ok, see yaa.. 

To be Continue..

No comments:

Post a Comment